Loading

Senin, 28 Desember 2009

Kesalahan strategi Microsoft


Besok pagi kita akan memasuki Dekade baru Abad ke-21. Di awal dekade yang telah berlalu, Microsoft sebagai Raksasa Software ternyata telah membuat 10-kesalahan strategi yang mengakibatkan dominasinya dibidang software makin berkurang. Kesalahan2 itu adalah sbb:


1. Kesalahan Strategi Korporasi: Dalam memasuki milenium Abad-21, MS menganggap bahwa strategi lamanya akan tetap dapat dipakai untuk tetap menguasai pasar software. Ternyata Ia keliru. Bila para pesaingnya dapat maju pesat dengan berbagai innovasi, MS tetap saja dengan strategi yang itu-itu saja, sehingga mengakibatkan keunggulannya menurun.

2. Kegagalan Windows Vista: Sebelum diluncurkan, produk ini dipromosikan sebagai operating system yang terbaik yang akan menggantikan Windows XP. Kenyataanya produk ini gagal, dan akhirnya digantikan oleh Windows 7.

3. MS follows the leader: Ketika Apple meluncurkan iPod, MS meluncurkan Zune. Ketika Google mendominasi Search Engine, MS meluncurkan Live Search dan kemudian Bing. Ketika Google mengembangkan pasar Online Advertising, MS ikut membuat platform Advertisingnya sendiri. Jadi MS adalah follower, bukan leader.

4. Kegagalan Windows Mobile: Pada awalnya memang OS ini menarik bagi Korporasi, namun ketika RIM memunculkan BlackBerry, Apple memunculkan iPhone dan Google memunculkan Android, maka terlihat bahwa Windows Mobile menjadi obsolete.

5. Gagal menjadi leader Web-based OS: Sebagai raksasa dunia software, secara logika seharusnya MS mempin pengembangan Operating System berbasis Web. Tetapi hal ini terjadi sebaliknya, Google yang menjadi leader-nya.

6. Gagal menjadi leader bisnis Online: Yang terjadi, Google berhasil memanfaatkan Search Engine-nya menjadi bisnis multi-billion Dollar.

7. Melawan Regulator: Kesalahan lainnya dari MS adalah perlawanannya terhadap regulator anti-monopoli di banyak negara, yang akhirnya MS terkena denda besar.

8. Kalah bersaing di Browser: MS Explorer kalah besaing dengan browser2 baru yang menampilkan berbagai feature, seperti Firefox dan Opera.

9. Keamanan sistem yang tidak terjamin: Masalah terbesar yang dihadapi oleh MS Windows sampai saat ini adalah sistemnya yang terus mendapat serangan karena sistem keamanannya yang masih longgar.

10. Pertempurannya dengan Open Source: Selama satu dekade MS terus saja melakukan pertempuran dengan komunitas Open Source yang merugikan citranya, walaupun pada akhir-akir ini MS berusaha untuk mendekati komunitasOS. Namun hal ini masih diterima dengan skeptisme.

Tidak ada komentar:


My Stats